Senin, 01 April 2019

Komponen Administrasi

Komponen Administrasi

           Salah satu cara untuk memahami administrasi adalah dengan  meneliti berbagai komponen yang ada Didalamnya. Menurut Sondang Siagian, (1992), Ada tiga hal yang termasuk dalam komponen administrasi, ketiga hal itu adalah :

  1. Manajemen
  2. Organisasi,  dan
  3. Kegiatan operasional.

        Dalam uraiannya, Sondang menjelaskan bahwa dewasa ini masih terdapat perbedaan pendqapat tentang cakupan administrasi dan manajemen, perbedaan itu  terutama mengenai pengertian dari kedua istilah itu, yaitu: Mana yang lebih luas diantara keduanya. Menurut pengamatannya terdapat 3 (tiga) kubu perdebatan, yaitu :
Pertama;  kubu yang mengatakan bahwa Administrasi lebih luas dari manajemen. Dalam kubu ini tentu saja manajemen dipandang sebagai komponen dari administrasi.
Kubu kedua yang mengatakan bahwa menejemen lebih luas dari administrasi. Dalam kubu ini administrasi dipandang sebagai bagian dari manajemen. Oleh  karena itu, administrasi dipandang hanya mencakup pekerjaan ketatausahaan, surat menyurat dan  korepondensi dan kearsipan. dan,
Kubu ketiga,  mengatakan bahwa Administrasi dan manajemen merupakan hal yang sinonim. Oleh karena itu penggunaan kedua istilah itu dapat digunakan silih berganti tanpa mengubah arti dan maknanya ( tanpa kehilangan maknanya).  
        Dalam hal ini Sondang termasuk yang menyatakan bahwa administrasi lebih luas dari manajemen.  Oleh karena itu manajemen menurut Sodang, manajemen  termasuk sebagai koponen administrasi. 
Sebagai komponen administrasi, manajemen dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu: pertama ;  manajemen dipandang sebagai proses penyelenggaraan berbagai jenis aktivitas dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua menajemen sebagai kemampuan  memperoleh hasil melalui kegiatan orang lain dalam rangka pencapaian tujuan. Dalam hal ini manajemen dipandang sebagai kelompok orang-orang yang menduduki  berbagai tingkat jabatan dalam sebuah organisasi.

          Komponen berikutnya adalah organisasi.  Organisasi sebagai komponen administrasi dipandang sebagai  sekelompok orang yang terikat  secara formal dalam hubungan atasan dan bawahan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini menurut Sondang Organisasi dapat dipandang sebagai wadah berbagai kegiatan dan sebagai proses interaksi antara orang - orang yang terdapat didalamnya.

         Sedangkan komponen yang ketiga yaitu kegiatan operasional sebagai komponen administrasi dapat dilihat dari berlangsungnya penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam pencapaian tujuan  yang memiliki tujuan yang jelas, sasaran, strategi organisasi, rencana kegiatan yang tersusun sebagai penjabaran strategi, program kerja dalam berbagai kegiatan struktur dan tipe organisasi yang  jelas sebagai wadah kerja sama dan adanya para manajer yang  berfungsi sebagai pengarah kegiatan.

Sumber  :  Prof. Dr. Sondang Siagianm MPA, Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, PT Rineka Cipta,                     Jakarta, 1992.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  4 Ciri Generasi Milenial Apakah anda suka gadget   dan Ambisius ?   Mungkin kedengarannya agak aneh pertanyaan diatas. Tapi gadget d...